Melati: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi
Vol 39 No 1 (2022): MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi Juni 2022

Peran Pasar Panggok sebagai Pelopor Wisata Kampung Kuliner Bernuansa Tradisional di Kabupaten Cilacap

Darwanto, Agus (Unknown)
Nur Salsabila, Kharina (Unknown)
Salsabila, Luvena (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Pasar panggok merupakan wisata kuliner berbasiskan kearifan lokal yang pertama di Kabupaten Cilacap. Setelah menjadi viral, muncul berbagai wisata-wisata kuliner yang dikelola oleh Kampung KB dan pokdarwis di berbagai pelosok Kabupaten Cilacap. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran pasar Panggok sebagai pelopor wisata kuliner tradisional terhadap pertumbuhan berbagai wisata kuliner lainnya di Kabupaten Cilacap. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dengan melakukan observasi dan wawancara bersama para pengelola Pasar Panggok dan berbagai wisata kuliner lainnya. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan komparasi, reduksi dan interpretasi. Pasar Panggok merupakan destinasi wisata kuliner tradisional yang dikemas dengan unik dan menarik sehingga menjadi percontohan model destinasi kampung kuliner di Kabupaten Cilacap. Pasar Panggok benar-benar menginspirasi masyarakat Kabupaten Cilacap bahkan menjadi pelopor bagi maraknya pertumbuhan wisata kuliner di Kabupaten Cilacap. Peran Pasar Panggok sangat terlihat dari trend weekend dan brand berupa kuliner tradisional yang berbasis kearifal lokal dengan memberdayakan masyarakat sekitarnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

melati

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

MELATI: Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi dengan nomor registrasi ISSN 2808-8662 (Online) dan ISSN 1979-9101 (Cetak), merupakan jurnal peer-review yang diterbitkan dua kali dalam setahun yaitu bulan Juni dan Desember oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut ...