eProceedings of Engineering
Vol 1, No 1 (2014): Desember, 2014

Implementasi Deteksi Wayang Kulit Berbasiskan Platform Android

Aldo Setiawan (Telkom University)
Rita Magdalena (Telkom University)
Inung Wijayanto (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2014

Abstract

Indonesia kaya akan beragam kebudayaan. Salah satu kebudayaan dari Indonesia yang terkenal adalah seni wayang kulit. Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang terutama berkembang di Jawa. Wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang yang juga menjadi narator dialog tokoh-tokoh wayang, dengan diiringi oleh musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga dan tembang yang dinyanyikan oleh para pesinden. Terdapat banyak tokoh tokoh dalam wayang kulit. Namun pada era globalisasi ini, banyak yang tidak tahu nama dan asal usul dari tokoh tokoh wayang kulit. Oleh karena itu, pada tugas akhir ini, penulis akan mengimplementasi suatu aplikasi deteksi wayang kulit pada platform android. Dengan segmentasi menggunakan metode OTSU, analisis tekstur menggunakan Gray-Level Cooccurrance Matrix (GLCM) dan proses identifikasi dengan menggunakan algoritma k-Nearest Neighbor (k-NN). Sistem yang dibuat menghasilkan tingkat akurasi sebesar 73,01 % , dan waktu komputasi rata-rata 1053,75 ms. Dengan nilai parameter k pada klasifikasi k-Nearest Neighbor 1, derajat 45 o dan jarak ketetanggaan 1 pada ektraksi ciri Gray-Level Cooccurrance Matrix. Kata Kunci : Wayang Kulit, Analisis Tekstur, Gray-Level Cooccurance Matrix, k-Nearest Neighbor, OTSU

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...