eProceedings of Engineering
Vol 2, No 2 (2015): Agustus, 2015

Perancangan Konten E-learning Pada Aktivitas Penjilidan Bahan Pustaka Di Pdii-lipi Dengan Menggunakan Metode Seci Dan Addie

Isyalia Dwi Handayani Mudayat (Telkom University)
Luciana Andrawina (Telkom University)
Umar Yunan (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2015

Abstract

Abstrak Knowledge merupakan gabungan dari pengalaman, nilai, informasi kontekstual, serta wawasan para ahli yang didasarkan pada intuisi yang memungkinkan sebuah lingkungan untuk mengevaluasi dan menggabungkan pengalaman dan informasi baru. Knowledge dibagi menjadi dua jenis, yaitu explicit knowledge dan tacit knowledge. Explicit knowledge adalah knowledge yang dapat dibagi kepada orang lain, dapat didokumentasikan, dan disimpan dalam bentuk dokumen, web, e-Learning dan lain-lain, sedangkan tacit knowledge adalah knowledge yang bersumber dari akumulasi pengalaman dan pembelajaran seseorang yang melekat pada pikiran individu sehingga sulit untuk dibagikan kepada orang lain. Tacit knowledge merupakan aset sumber knowledge yang potensial bagi sebuah perusahaan. Pada aktivitas penjilidan bahan pustaka di PDII-LIPI terdapat tacit knowledge di setiap alur kegiatan penjilidan bahan pustaka. Namun tacit knowledge tersebut belum didokumentasikan dengan baik untuk pembelajaran bagi karyawan baru bagian penjilidan bahan pustaka di PDII- LIPI. Penelitian ini bertujuan untuk mendokumentasikan tacit knowledge karyawan dalam melakukan aktivitas penjilidan bahan pustaka ke bentuk best practice sebagai bahan dalam membuat rancangan konten e-Learning. Pembuatan e-Learning pada penelitian ini menggunakan software Adobe Flash Professional CS6. e-Learning adalah pembelajaran dengan menggunakan jasa bantuan perangkat elektronika. Untuk membangun sebuah e- Learning yang baik maka dibutuhkan sebuah metode untuk merancang konten e-Learning yang akan dibuat. Metode ADDIE adalah metode yang dapat digunakan untuk merancang konten e-Learning. Metode ADDIE terdiri dari beberapa fase yaitu analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pada fase design dilakukan konversi tacit knowledge menjadi explicit knowledge menggunakan metode SECI untuk mendapatkan konten e-Learning. Kata kunci : e-Learning, SECI, ADDIE, explicit knowledge, tacit knowledge, penjilidan bahan pustaka

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...