Jurnal Sintak
Vol. 1 No. 1 (2022): SEPTEMBER 2022

PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, LINGKUNGAN KAMPUS, DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA ITEBA

Widya, Widya Reza (Unknown)
Sanipar (Unknown)
Urianto Sihombing (Unknown)
Welsi Bura Saleppang (Unknown)
Diana Sari Harahap (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Salah satu faktor penentu keberhasilan mahasiswa dalam pendidikan adalah motivasi belajar. Setiap mahasiswa memiliki tingkat motivasi belajar yang berbeda-beda dikarenakan mereka memiliki lingkungan belajar yang berbeda-beda pula. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lingkungan keluarga, lingkungan kampus dan lingkungan sosial terhadap motivasi belajar mahasiswa, khususnya mahasiswa ITEBA. Pengumpulan data dilakukan dengan metode penelitian kuantitatif dan teknik penarikan sampel yaitu quota sampling kemudian di uji dengan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan diketahui bahwa lingkungan keluarga, lingkungan kampus, dan lingkungan sosial secara bersama-sama berpengaruh terhadap motivasi belajar. Tetapi lingkungan keluarga secara parsial tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalsintak

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Mathematics

Description

Jurnal Sintak merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Matematika Institut Teknologi Batam (ITEBA). Jurnal Sintak menjadi sarana dalam menyebarkan pengetahuan terkait teori maupun aplikasinya di bidang matematika, statistika, dan aktuaria yang diterbitkan dua kali setahun (September dan ...