Berdasarkan Undang-undang Nomor 14 tahun 2005 pasal 8 tentang Guru dan Dosen bahwa dalam usaha memenuhi mutu pendidikan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaiaman, apa hambatan serta upaya kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muara Bungo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskiptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data penelitian ialah dengan wawancara, observasi, serta dokumentasi dengan jumlah informan sebanyak sepuluh orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik belum cukup baik, hal ini dikarenakan masih ditemukan permasalahan terkait dengan kompetensi pedagogik dan profesional. Hambatan yang ditemukan adalah sebagian tenaga pengajar belum sesuai dengan kebutuhan kurikulum, sebagian guru belum menguasai rencana perangkat pembelajarn dan kekurangan bahan ajar dan sarana guru mengajar. Upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan evaluasi kebutuhan tenaga pengajar, membuat aturan dan pengawasan terkait dengan kinerja guru dan memaksimalkan sarana dan prasarana belajar untuk mendukung pemenuhan kompetensi guru dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Copyrights © 2022