INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 2, No 2 (2014): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBASIS MINDSCAPING TERHADAP HASILBELAJAR SISWA PADA SUB-MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 PEMATANGSIANTAR T.P 2012/2013

Masnur Marpaung (Unknown)
Pintor Simamora (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan kelas VII-3 sebagai kelas control yang berjumlah 35 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang memenuhi validitas isi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Hasil nilai pretes diperoleh 38,71 dan postest 73,86. Hasil uji t satu pihak thitung = 4,35, ttabel = 1,67 sehingga thitung>ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran inquiry training berbasis mindscaping terhadap hasil belajar siswa pada sub materi pokok cahaya di kelas VIII Semester II SMP N 3 Pematangsiantar T.P 2012/2013. Kata kunci : model pembelajaran, inquiry training, mindscaping, hasil belajar

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...