INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 10, No 1 (2022): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS DI KELAS XI SMA NEGERI 5 MEDAN T.P. 2020/2021

Sri Devi Sylvia Simamora (Universitas Negeri Medan)
Juniastel Rajagukguk (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI di SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian two group pretest – posttest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random sampling. Sampel penelitian adalah kelas XI MIA - 1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA - 6 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay berjumlah soal 7 item yang telah dinyatakan valid oleh para ahli dan observasi aktivitas keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains pada materi Fluida Statis di SMA Negeri 5 Medan kelas XI T.A 2020/2021.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...