INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 3, No 4 (2015): INPAFI

PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI LISTRIK DINAMIS SMA NEGERI 14 MEDAN T.P. 2014/2015

Yosi Farah (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)
Ratna Tanjung (Jurusan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadap hasil belajar fisikapada materi listrik dinamis di SMA Negeri 14 Medan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitianadalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 9 kelas.Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 9 kelas dengan teknik undian yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 35 orang dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 71,71 dan kelas kontrol 54,54. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada pengaruh penggunaan model discovery learning berbasis pendekatan saintifik terhadaphasilbelajar fisika siswapadamateri pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMAN14 Medan  T.P. 2014/2015.   Kata kunci :discovery learning, pendekatan saintifik, quasi eksperimen, cluster random sampling.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...