INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 10, No 2 (2022): INPAFI

PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI HUKUM NEWTON GERAK KELAS X DI SMA NEGERI 1 BESITANG

Yosua Butar Butar (Universitas Negeri Medan)
Deo Demonta Panggabean (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk (1) Menghasilkan sebuah modul fisika pada materi Hukum Newton Gerak yang telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif untuk dapat diimplementasikan di dalam proses pembelajaran fisika, (2) Mengetahui tingkat validitas e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan, (3) Mengetahui tingkat kepraktisan e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan, (4) Mengetahui tingkat keefektifan e-modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X di SMA Negeri 1 Besitang yang telah dikembangkan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Besitang  yang berjumlah 36 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4D (Define-Design-Development). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket validasi ahli materi, ahli media dan ahli pembelajaran, angket respon peserta didik terhadap modul pembelajaran fisika berbasis Problem Based Learning pada Materi Hukum Newton Gerak kelas X SMA dan instrumen test. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) telah dihasilkan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang diujikan kepada 3 orang ahli dengan hasil sangat valid (2) Tingkat kepraktisan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan adalah sangat praktis. (3) tingkat keefektifan modul fisika pada materi hukum newton gerak berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan yaitu kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...