INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 1, No 1 (2013): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN PENGUKURAN KELAS VII SEMESTER I MTs N 2 MEDAN T.P 2012/2013

Fhitriani Harahap (Unknown)
Jurubahasa Sinuraya (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan pengukuran  kelas VII Semester I MTs Negeri 2 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan  two group pre test post test . design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 360 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah  kelas kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar.Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitan ini adalah uji t Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, simpulan penelitian ini adalah: ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Suhu dan Pengukuran  di  MTs Negeri 2 Medan.   Kata Kunci : Inquiry Training, Hasil Belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...