Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry training pada materi pokok suhu dan pengukuran kelas VII Semester I MTs Negeri 2 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan two group pre test post test . design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII semester ganjil yang terdiri dari 9 kelas berjumlah 360 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel yang terpilih adalah kelas kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inquiry Training dan kelas VII-6 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar.Statistik yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitan ini adalah uji t Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil pengujian hipotesis, simpulan penelitian ini adalah: ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Inquiry Training terhadap hasil belajar yang diperoleh siswa pada materi pokok Suhu dan Pengukuran di MTs Negeri 2 Medan. Kata Kunci : Inquiry Training, Hasil Belajar
Copyrights © 2013