INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 3, No 2 (2015): INPAFI

DESAIN MODEL GUIDED INQUIRY UNTUK EKSPLORASI KESULITAN BELAJAR DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR SERTA KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH

Betty Marisi Turnip (Unknown)
Mariati Purnama Simanjuntak (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2015

Abstract

ABSTRAK Desain penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan belajar yang dialami mahasiswa serta pengaruhnya terhadap hasil belajar dan  keterampilan pemecahan masalah pada pokok bahasan Kinematika dan Dinamika Partikel melalui model pembelajaran guided inquiry.  Analisis kebutuhan dilakukan melalui studi literatur dan studi lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dengan  pretest-posttest control group design. Instrumen untuk mengeksplorasi kesulitan belajar menggunakan angket. Instrumen tes hasil belajar berbentuk pilihan berganda dengan lima option. Instrumen tes keterampilan pemecahan masalah berbentuk uraian yang sudah divalidasi.   Kata kunci : model pembelajaran guided inquiry, eksplorasi kesulitan belajar, hasil belajar dan keterampilan pemecahan masalah

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...