INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 2, No 2 (2014): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE BERBANTUAN KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 KISARAN

Dwi Pratiwi (Unknown)
Ratna Tanjung (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan komputer pada pokok bahasan Tekanan Pada Zat Cair di kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Kisaran. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen disain two group pre–test and post–test. Sampel penelitian terdiri dua kelas, yaitu kelas VIII-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan tes dan lembar aktivitas siswa. Hasil pretes kedua kelas berdistribusi normal dan homogen berdasarkan analisa data. Pada hasil postes, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 79,14 dan kelas kontrol 70,14 . Rata-rata nilai aktivitas belajar siswa 66,98 masuk kategori keaktifan sedang. Hasil uji t thitung=3,57 dan ttabel=1,9, sehingga thitung > ttabel maka diperoleh adanya perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran think pair share berbantuan komputer pada pokok bahasan Tekanan pada Zat Cair di kelas VIII Semester II SMP Negeri 3 Kisaran Kata Kunci : think pair share, komputer, hasil belajar  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...