INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika)
Vol 2, No 2 (2014): INPAFI

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA

Pintor Simamora (Unknown)
Asmidar Dalimunthe (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2014

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan peta konsep terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di SMA Swasta Dharmawangsa Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Swasta Dharmawangsa Medan yang berjumlah 13 kelas. Dengan teknik cluster random sampling, terpilih kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa dan tes hasil belajar sebanyak 15 soal dalam bentuk pilihan berganda yang telah dilakukan validasi. Hasil penelitian memberikan bahwa aktifitas belajar siswa kelas eksperimen meningkat yaitu pertemuan I 63,22% dan pada pertemuan II 71,42%. Berdasarkan uji-t setelah dilakukan uji normalitas dan homogenitas  menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS berbantuan Peta Konsep terhadap aktifitas dan hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Swasta Dharmawangsa Medan  T.P 2012/2013. Kata Kunci : kooperatif tipe TPS, peta konsep, hasil belajar,  aktivitas.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

inpafi

Publisher

Subject

Physics

Description

Jurnal Inpafi dikelola oleh prodi Pendidikan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Medan. Jurnal ini merupakan hasil penelitian bidang Pendidikan fisika dan bidang rekayasa fisika lainnya. Diterbitkan dua kali dalam setahun dalam bentuk elektronik dan cetak oleh ...