eProceedings of Engineering
Vol 8, No 5 (2021): Oktober 2021

Perancangan Perangkat Keras Untuk Permainan Engklek

Sebastian Daniel Parlindungan (Telkom University)
Anton Siswo Raharjo (Telkom University)
Tito Waluyo Purboyo (Telkom University)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Pembuatan simulasi permainan tradisional engklek, dilatar belakangi untuk melestarikan dan Permainan tradisional adalah salah satu peninggalan budaya, yang biasanya berupa kegiatan yang dilakukan untuk meluangkan waktu dan hiburan. Semakin berjalannya waktu, permainan tradisional semakin ditinggalkan karena telepon pintar dan komputer semakin mudah dijangkau. Demi mempertahankan permainan tradisional, pembuatan permainan engklek modern ini dimulai. Permainan yang akan dipakai adalah engklek. Pembuatan teknologi motion capture untuk permainan ini akan menggunakan sensor GY-91, dan pengiriman data yang diperoleh dari sensor akan memakai ESP32 dan akan dikirimkan ke aplikasi secara manual. Alat ini akan dipasangkan pada “batu” yang akan dipakai dalam permainan. Dalam pembuatan alat ini, sensor GY-91 mampu mendapatkan beberapa dari accelerometer, gyroscope, dan magnetometer. Data yang dipakai dalam game adalah data yang diperoleh dari magnetometer. Data akan dikumpulkan dalam serial monitor, lalu dikirimkan dari email kepada rekan yang membuat aplikasi. Kata Kunci: Motion Capture, Permainan tradisional engklek, ESP32, MPU-9250

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

engineering

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Merupakan media publikasi karya ilmiah lulusan Universitas Telkom yang berisi tentang kajian teknik. Karya Tulis ilmiah yang diunggah akan melalui prosedur pemeriksaan (reviewer) dan approval pembimbing ...