Abstrak Kinerja guru merupakan salah satu komponen yang penting dalam menentukan keberhasilan pembelajaran. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak boleh sembarangan. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran menulis narasi diimplementasikan berdasarkan tahapan proses menulis dan langkah-langkah menulis narasi. Penelitian dilaksanakan di 12 Sekolah Dasar mitra UPI Kampus Tasikmalaya. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis narasi berdasarkan kinerja guru di Sekolah Dasar. Kemudian tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan penentuan topik karangan narasi berdasarkan tema, pemilihan dan penyusunan gagasan utama untuk mendeskripsikan topik berdasarkan tema, pengoreksian kerangka tulisan, penulisan buram (draf) sesuai karangan pengembangan tulisan berdasarkan kelengkapan kebahasaan, dan perbaikan (perevisian) kesalahan hasil tulisan berdasarkan temuan kesalahan dalam menjabarkan ide gagasan berdasarkan darf yang telah dibuat dalam proses menulis karangan. Penelitian disusun dan dilaksanakan menggunakan metode deskriptif berdasarkan pedoman alisis melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partispasi pasif. Hasil penelitian secara umum menunjukkan persentase pembelajaran menulis narasi berdasarkan kinerja guru sebesar 34,1%. Kemudian hasil penelitian secara khusus kinerja guru dalam pembelajaran menulis narasi menunjukkan persentase sebesar 44,4% untuk penentuan topik karangan narasi berdasarkan tema, persentase sebesar 27,7% untuk pemilihan dan penyusunan gagasan utama untuk mendeskripskan topik berdasarkan tema, persentase sebesar 8,3% untuk pengoreksian kerangka tulisan, persentase sebesar 61,1% untuk penulisan buram (draf) sesuai karangan pengembangan tulisan berdasarkan kelengkapan kebahasaan, dan persentase sebesar 30,5% untuk perbaikan (perevisian) kesalahan hasil tulisan berdasarkan temuan kesalahan dalam menjabarkan ide gagasan berdasarkan draf yang telah dibuat.Kata kunci: pembelajaran menulis narasi, kinerja guru.
Copyrights © 2018