PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2019): PEDADIDAKTIKA

Implementasi Proses Menulis pada Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Tokoh Cerita Fiksi

Dinnie Noorlinda Hendrawan (UPI Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan siswa dalam menulis teks deskripsi yang masih dikatakan belum optimal. Kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis teks deskripsi adalah mengembangkan topik tulisan menjadi teks. Untuk mengembangkan keterampilan menulis siswa adalah dengan mengimplementasikan proses menulis, karena dengan mengimplementasikan proses menulis siswa dapat belajar mengenai tahap pramenulis, menulis, perbaikan, penyuntingan dan publikasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi proses menulis pada keterampilan menulis teks deskripsi tokoh cerita  fiksi di kelas IV SD Negeri Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya yang berjumlah 20 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre Experimental, Desain One-Shot Case Study. Dalam pengumpulan data menggunakan lembar penugasan menulis teks deskripsi tokoh cerita fiksi dengan mengimplementasikan proses menulis. Hasil posttest siswa menunjukan rata-rata 31,25 dari nilai maksimal 40. Nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 37, nilai terendah siswa adalah 26. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan menulis teks deskripsi tokoh cerita fiksi lebih dari atau sama dengan 30 (nilai minimal), dibuktikan setelah mengimplementasikan  proses menulis di kelas IV SD Negeri Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya.     

Copyrights © 2019