PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 4 (2018): PEDADIDAKTIKA

Peningkatan Pemahaman Konsep Membaca Jam Pada Siswa SD Menggunakan Media Pohon Jam

Abdul Aziz Setiawan (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Epon Nura'eni L (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang peneliti lakukan melalui wawancara dengan guru kelas II menyatakan bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep membaca jam. Hal tersebut dikarenakan masih rendahnya pemahaman siswa dalam mengidentifikasi tanda waktu seperti jam dan menit, serta penggunaan media yang belum beragam dalamĀ  penanaman konsep dasar matematika. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memilih media pohon jam berdasarkan studi pustaka yang telah dilakukan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep membaca jam pada siswa kelas II SD Negeri Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian iniĀ  adalah siswa kelas II SD Negeri Mangkubumi, dengan teknik pengambilan sampel berupa sampling purposiv. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan teknik tes, adapun instrumen yang digunakan adalah soal tes berupa soal essay. Analisis data kuantitatif menggunakan Microsoft Excel 2013, Anates V.4 dan program SPSS versi 16.0. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh informasi bahwa peningkatan pemahaman siswa pada materi membaca jam di kelas yang menggunakan media pohon jam lebih baik dari pada peningkatan pemahaman siswa di kelas yang tidak menggunakan media pohon jam.

Copyrights © 2018