PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 8, No 1 (2021): PEDADIDAKTIKA

Pengaruh Penggunaan Media Objek Lingkungan Terhadap Keterampilan Peserta Didik Menulis Deskripsi

Wahyu Aziz (Univerisitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (Univerisitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya)
Yusuf Suryana (Univerisitas Pendidikan Indonesia, Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media objek lingkungan  terhadap keterampilan peserta didik menulis deskripsi di kelas IV SDN Maruyungsari 4 dengan jumlah sampel yang diambil yaitu sebanyak 10 peserta didik. Penggunaan media objek lingkungan ini menggunakan tema lingkungan sekitar dengan objek lingkungan melakukan riset langsung ke lapangan dan mengamati benda-benda yang ada di sekitar. Artinya peserta didik dapat melihat objek secara nyata penggunaan media objek lingkungan ini juga bertujuan agar peserta didik tidak mudah bosan saat pelajaran dan juga peserta didik bisa melihat secara nyata objek tersebut karena dihadirkan secara langsung di lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan 5  metode pengumpulan data, soal Pre-test Post-test, uji N-Gain, uji normalitas,uji Paired Samples T,dan uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari perhitunganPaired sample T dengan menggunakan analisis SPSS 26. Hasil yang diperoleh dari perhitungan tersebut adalah nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,000. Dengan demikian bahwa nilai ini lebih kecil dari 0,05 dimana dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil perhitungan N-gain ternormalisasi kelas Eksperimen  menunjukkan angka 0,13 yang berarti dalam kategori tinggi yang memliki arti bahwa terdapat pengaruh dengan adanya menggunakan media objek lingkungan  terhadap keterampilan menulis deskripsi

Copyrights © 2021