Keterampilan menulis harus dimiliki setiap peserta didik, sebab sebagian besar tugas belajar diberikan dalam bentuk tulisan. Menulis teks deskriptif terdapat pada Kompetensi Dasar (KD) 3.1 dan Kompetensi Inti (KI) tema 1 kelas 5 pembelajaran 6 yang berisi kegiatan pembelajaran sebagai berikut : a). Menyusun cerita dengan menentukan ide pokok terlebih dahulu dan b). Menemukan ide pokok masing-masing paragraf. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan ide pokok tulisan dalam teks fiksi (deskriptif) peserta didik. Mendeskripsikan kalimat pengembang dalam tulisan teks fiksi (deskriptif) peserta didik. Serta mendeskripsikan relevansi ide pokok dengan kalimat pengembang pada setiap paragraf yang ada di dalam teks fiksi (deskriptif). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hal ini karena data dihasilkan langsung dari subjek yang diteliti kemudian dianalisis sebagaimana adanya dan dideskripsikan melalui kata-kata. Berdasarkan penelitian ini dihasilkan sebanyak 30 tulisan peserta didik. Berdasarkan tulisan tersebut, data pertama dan kedua menunjukan 8 peserta didik belum optimal dalam menulis teks fiksi (deskriptif). Karena pada data pertama hanya 1 peserta didik yang mendapatkan skor melebihi KKM dan hanya 1 peserta didik yang mencapai KKM yaitu dengan nilai 7. Sedangkan pada data ketiga menunjukan bahwa hanya 4 peseta didik yang belum optimal dalam menulis teks fiksi (deskriptif). Hal ini karena 4 peserta didik tersebut nilainya belum mencapai KKM yaitu minimal 7. Dengan demikian disimpulkan bahwa peseta didik belum optimal dalam menulis teks fiksi (deskriptif).
Copyrights © 2021