Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil analisis studi pendahuluan yaitu adanya hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami siswa pada materi jaring-jaring kubus. Pemahaman konsep jaring-jaring tidak dimiliki oleh siswa secara utuh karena adanya hambatan belajar terkait keterbatasan konteks yang dialami siswa saat pertama kali mempelajari jaring-jaring kubus, hambatan belajar yang dialami oleh siswa perlu diantisipasi melalui proses pembelajaran yang berkenaan dengan jaring-jaring kubus. Peneliti merancang sebuah desain didaktis dalam pembelajaran berbasis teori van hiele yang dapat mengatasi hambatan belajar yang dialami oleh siswa pada materi jaring-jaring kubus. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Didactical Design Research (DDR) yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu analisisi situasi didaktis sebelum pembelajaran; analisis metapedadidaktik dan analisis retrospektif dengan mengaitkan hasil analisis situasi didaktis hipotesis dengan hasil analisis metapedadidaktik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan desain didaktis dan implementasinya serta respon siswa terhadap desain didaktis berbasis teori van hiele pada pembelajaran jaring-jaring kubus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara dan studi dokumen. Pelaksanaan dilaksanakan dua kali, desain awal dilaksanakan di Kelompok Belajar A Kelas V SDN 3 Tambaksari dan desain revisi dilaksankan di Kelompok Belajar B Kelas V SDN 3 Tambaksari. Penelitian ini menghasilkan desain didaktis berupa Lembar Aktivitas Siswa (LAS) dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang dapat mengatasi hambatan belajar siswa pada materi jaring-jaring kubus.
Copyrights © 2020