PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2014): Pedadidaktika

DESAIN DIDAKTIS KONSEP LUAS DAERAH JAJARGENJANG PADA PEMBELARAN MATEMATIKA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Lukman Nurdin (UPI Kampus Tasikmalaya)
Hj. Epon Nur’aeni L. (UPI Kampus Tasikmalaya)
Yusuf Suryana (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2014

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya hambatan belajar (learning obstacle) siswa tentang konsep luas daerah jajargenjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan desain didaktis konsep luas daerah jajargenjang di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian desain didaktis (Didactical Design Research). Lokasi tempat dilaksankannya penelitian yaitu di SD Negeri Citapen dan SD Negeri Galunggung yang berada di Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara melaksanakan uji instrumen learning obstacle, implementasi desain didaktis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah suatu desain didaktis alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika sekolah dasar pada materi konsep luas daerah jajargenjang.

Copyrights © 2014