PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 7, No 4 (2020): PEDADIDAKTIKA

Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SD

Dwi Rani Nur'aini (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Realistic Mathematics Eeducation terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di SDN Wargiluyu, khususnya materi penjumlahan pecahan berbeda penyebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimental menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wargiluyu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Sampel yang terpilih yakni kelas V sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes berupa soal essay yang diberikan melalui pretest dan posttest. Data hasil penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Melalui penerapan pendekatan RME, siswa lebih memahami materi penjumlahan pecahan berbeda penyebut serta mampu menyelesaikan soal dengan benar,  hal ini terlihat dari nilai rata-rata posttest sebesar 79,06 sedangkan nilai rata-rata pretest sebesar 35,18. Berdasarkan nilai posttest tersebut menunjukkan kenaikan kemampuan pemecahan masalah siswa yang cukup baik

Copyrights © 2020