PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 8, No 3 (2021): PEDADIDAKTIKA

Analisis Hasil Penulisan Surat Undangan Ulang Tahun Peserta Didik Kelas V

Dewi Supriati (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2021

Abstract

Tulisan ini dilatarbelakangi karena belum terdapat hasil analisis mengenai penulisan surat undangan ulang tahun dengan memperhatikan struktur surat dan aspek kebahasaan. Penelitian dilaksanakan di SDN Margarahayu. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan hasil analisis penulisan surat undangan ulang tahun peserta didik kelas V sekolah dasar. Metode yang digunakan yakni analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penugasan Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan indikator berupa: (1) penempatan struktur undangan ulang tahun (penempatan tanggal dan tempat, penempatan salam pembuka dan penutup, penempatan isi, orang yang mengundang dan diundang), (2) aspek kebahasaan dalam penulisan huruf kapital (awal kalimat, nama geografi, nama orang, nama hari, nama bulan, dan singkatan). Berdasarkan hasil penelitian ini dari 40 tulisan surat undangan ulang tahun peserta didik menunjukan terdapat tiga kategori yang dicapai diantaranya kategori tinggi, sedang dan rendah. Pada data 1 menunjukan bahwa pada kategori tinggi terdapat 3 peserta didik, pada kategori sedang terdapat 2 peserta didik, dan pada kategori rendah terdapat 15 peserta didik berada pada kategori redah. Sedangkan pada data 2 menunjukan bahwa pada kategori tinggi terdapat 5 peserta didik, pada kategori sedang terdapat 8 peserta didik, pada kategori sedang terdapat 7  peserta didik. Dengan demikian, penelitan ini diharapkan dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam menganalisis penulisan surat undangan ulang tahun peserta didik.

Copyrights © 2021