PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4, No 2 (2017): PEDADIDAKTIKA

ANALISIS BAHAN AJAR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR

Kiki Dzakiyatun Nafiah (UPI Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2017

Abstract

Abstrak Bahan ajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang menentukan keberhasilan pembelajaran. Penyusunan bahan ajar tidak boleh dilakukan sembarangan. Bahan ajar pembelajaran menulis narasi disusun berdasarkan tahapan proses menulis dan langkah-langkah menulis narasi. Penelitian dilaksanakan di 12 Sekolah Dasar mitra UPI Kampus Tasikmalaya. Tujuan umum penelitian ini untuk mendeskripsikan bahan ajar dalam pembelajaran menulis narasi di Sekolah Dasar. Kemudian tujuan khusus penelitian ini untuk mendeskripsikan penentuan topik karangan narasi berdasarkan tema, pemilihan dan penyusunan gagasan utama untuk mendeskripsikan topik berdasarkan tema, pengoreksian kerangka tulisan, penulisan buram (draf) sesuai karangan pengembangan tulisan berdasarkan kelengkapan kebahasaan, dan perbaikan (perevisian) kesalahan hasil tulisan berdasarkan temuan kesalahan dalam menjabarkan ide gagasan berdasarkan draf yang telah dibuat dirumuskan dalam bahan ajar. Penelitian disusun dan dilaksanakan menggunakan metode deskriptif berdasarkan pedoman analisis melalui pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partispasi pasif dan studi dokumetasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan persentase bahan ajar dalam pembelajaran menulis narasi sebesar 23,9%. Kemudian hasil penelitian secara khusus dalam bahan ajar menunjukkan persentase sebesar 36,1% untuk penentuan topik karangan narasi berdasarkan tema, persentase sebesar 27,8% untuk pemilihan dan penyusunan gagasan utama untuk mendeskripskan topik berdasarkan tema, persentase sebesar 5,6% untuk pengoreksian kerangka tulisan, persentase sebesar 30,6% untuk penulisan buram (draf) sesuai karangan pengembangan tulisan berdasarkan kelengkapan kebahasaan, dan persentase sebesar 19,4% untuk perbaikan (perevisian) kesalahan hasil tulisan berdasarkan temuan kesalahan dalam menjabarkan ide gagasan berdasarkan draf yang telah dibuatKata Kunci:  bahan ajar, pembelajaran menulis narasi

Copyrights © 2017