PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 8, No 4 (2021): PEDADIDAKTIKA

Analisis Tulisan Teks Eksplanasi Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar

Vivel Wigaf Lawatri (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya materi menulis eksplanasi di kelas V Sekolah Dasar. Adapun Kompetensi Dasar di kelas V adalah meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektrinik. Lalu menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis dan visual. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan terhadap tulisan teks eksplanasi peserta didik kelas V SD Kartika Siliwangi 3 Kab. Garut. Tulisan teks eksplanasi peserta didik kemudian dianalisis berdasarkan lembar tugas menulis siswa kemudian dianalisis melalui rubrik penilaian. Dalam penulisan teks eksplanasi terdapat dua aspek yaitu aspek isi dan aspek kebahasaan dengan beberapa indikator diantaranya kesesuaian isi gagasan dengan judul, ketepatan struktur kalimat, keterpaduan antarkalimat, keterpaduan antarparagraf, originalitas isi tulisan, berdasarkan fakta, penulisan huruf kapital, kelengkapan  penulisan diksi (kata), penulisan tanda baca, dan kerapihan tulisan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kartika Siliwangi 3 Kab. Garut. Subjek dalam penelitian ini yaitu 10 orang peserta didik kelas V Sekolah Dasar. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis deskriptif dan pengambilan data yang dilakukan sebanyak dua kali melalui pretest dan  posttest. Berdasarkan penelitian, dideskripsikan bahwa isi tulisan teks eksplanasi peserta didik di kelas V SD Kartika Siliwangi 3 hanya 3 dari 10 peserta didik yang memenuhi aspek. Sedangkan aspek kebahasaan tulisan teks eksplanasi peserta didik di kelas V SD Kartika Siliwangi 3 hanya 2 dari 10 peserta didik yang memenuhi aspek. 

Copyrights © 2021