PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 5, No 1 (2018): PEDADIDAKTIKA

Pengembanagan Instrumen Penilaian Kinerja berbasis Outdoor Learning di SD

Intan Dewi Agustin (Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya)
Yusuf Suryana (UPI Kampus Tasikmalaya)
Akhmad Nugaraha (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan instrumen penilaian kinerja berbasis outdoor learning di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menjelaskan pelaksanaan penilaian kinerja di sekolah dasar, 2) menjelaskan bentuk rancangan instrumen penilaian kinerja berbasis outdoor learning, 3) mengimplementasi rancangan instrumen penilaian kinerja dalam pembelajaran berbasis outdoor learning. Penelitian ini menggunakan metode Design Bases Research. Pengemabangan metode ini terdiri dari empat tahap yaitu 1) identifikasi dan analisis masalah oleh peneliti dan praktisi secara kolaboratif 2) mengembangkan solusi yang didasarkan pada patokan teori, design principle yang ada dan inovasi teknologi 3) melakukan proses berulang untuk menguji dna memperbaikisolusi secara praktis 4) refleksi untuk menghasilkan design principle serta meningkatkan implementasi dari solusi secara praktisi. Rubrik adalah suatu skala pemberian nilai yang terdiri dari serangkaian kriteria prestasi dan paparan tentang tataran prestasi di dalam pengerjaan tugas-tugas tertentu. Rubrik dapat dijadikan sebagai kriteria penilaian tentang dimensi untuk memutuskan kinerja siswa, suatu skala nilai untuk menilai kinerja siswa.  Hasil penelitian berupa 1) instrumen penilaian kinerja berbasis outdoor learning; 2) validasi oleh para ahli dinyatakan bahwa instrumen penilaian kinerja ini layak digunakan.

Copyrights © 2018