PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1, No 2 (2014): Pedadidaktika

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SUBTEMA GAYA DAN GERAK

Iir Iryanti (UPI Kampus Tasikmalaya)
Rustono W.S (UPI Kampus Tasikmalaya)
Asep Saepulrohman (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2014

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan peneliti menemukan guru jarang menggunakan media pembelajaran dengan baik serta learning obstacle bersifat etimologis yang dialami siswa. Pendekatan yang peneliti gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode Penelitian Desain Didaktis terdiri atas tiga tahap, yaitu Prospektif Analysis, Metapedadidaktik Analysis, dan Retrosfektif Analysis. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas IV Negeri 3 Benteng Kecamatan Ciamis dan SD Negeri 1 Cijeungjing Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis. Teknik pengumpulan data dilakukan peneliti melalui proses triangulasi. Hasil penelitian diperoleh beberapa learning obstacle siswa yang disebabkan belum baiknya penggunaan media dan desain media pembelajaran untuk mengatasi learning obstacle siswa pada subtema Gaya dan Gerak pembelajaran kesatu. Desain media pembelajaran disusun berdasarkan learning obstacle siswa dan sesuai dengan komponen HLT. Desain awal media pembelajaran dapat mengurangi learning obstacle siswa sebesar 12,103%, dan desain pengembangan media pembelajaran dapat mengurangi learning obstacle siswa sebesar 16,18%.

Copyrights © 2014