PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2019): PEDADIDAKTIKA

Pengaruh Narasumber Sebagai Sumber Belajar terhadap Keterampilan Menulis Cerita Fiksi Siswa

Novita Sri Wahyuni (UPI Kampus Tasikmalaya)
Dian Indihadi (UPI Kampus Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2019

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini dikarenakan masih rendahnya keterampilan siswa dalam menulis cerita fiksi serta siswa mengalami kesulitan dalam berimajinasi dan mengembangkan sebuah cerita. Selain itu, masih kurangnya sumber belajar yang digunakan sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Narasumber sebagai sumber belajar terhadap keterampilan siswa menulis cerita fiksi siswa. Peneliti memberikan alternatif dalam memecahkan permasalahan tersebut, yaitu dengan menggunakan Narasumber sebagai sumber belajar. Narasumber dapat diartikan sebagai seseorang yang memiliki keahlian dalam suatu bidang tertentu. Penggunaan Narasu mber sebagai sumber belajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia memiliki manfaat diantaranya memberikan pengalaman secara langsung sehingga dapat meningkatkan imajinasi siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pre-eksperimen tipe one group pre-test post-test design, dengan sampel penelitian siswa kelas VB SD Negeri 4 Kertasari Kabupaten Ciamis yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan jumlah rata-rata hasil keterampilan menulis cerita fiksi siswa pada saat pre-test dan post-test dimana jumlah rata-rata pre-test sebesar 21,76 dan post-test sebesar 38,64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Narasumber sebagai sumber belajar berpengaruh terhadap keterampilan menulis cerita fiksi siswa. Hal tersebut juga dibuktikan dengan hasil analisis Uji-T dengan perolehan nilai thitungttabel (-12,4012,064) dengan signifikansi 0,05 (0,0000,05) dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2019