Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta melihat pengaruh dari penggunaan teknik collaborative writing terhadap keterampilan menulis teks laporan siswa dalam pembelajaran untuk menunjang keterampilan abad 21 (critical, communication, collaboration dan creativity), dengan dilatarbelakangi oleh adanya bukti bahwa dalam penulisan laporan siswa sekolah dasar masih banyak kesalahan diantaranya pengembangan paragraf, penggunaan kalimat efektif dan format penulisan laporan. Menulis teks laporan tercantum dalam KD mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III kurikulum 2013 tahun 2016, yakni “KD 4.4 Menyajikan laporan tentang konsep ciri-ciri, kebutuhan, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup yang ada di lingkungan setempat secara tertulis menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif ”. Jika dilihat dari KD dalam kurikulum terdapat kesenjangan dengan keadaan keterampilan menulis siswa di sekolah dasar kelas III SDN 3 Pasiranjang. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen, dengan pengumpulan data melalui teknik tes sebelum dan sesudah penggunaan teknik pembelajaran collaborative writing. Analisis data menggunakan statistik deskriptif melalui uji N-Gain, uji normalitas, uji t dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan teknik collaborative writing keterampilan menulis teks laporan siswa sekolah dasar meningkat. Hal ini dapat dilihat dari perbandingan nilai rata-rata pretest 27,12 dan postest 37,62 serta perbandingan thitung dan ttabel (5,093 2,365) pada taraf signifikansi 0,05 (0,001 0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka teknik collaborative writing memberi peningkatan terhadap keterampilan menulis teks laporan siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2020