Kegiatan penelitian menjadi salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yang profesional, karena salah satu guru yang berhasil (efektif) adalah bersifat reflektif. Guru yang demikian selalu belajar dari pengalaman, sehingga dari hari ke hari kinerjanya menjadi semakin baik. Kenyataan di atas rupanya menjadi perhatian, sehingga akhirnya diciptakanlah formulasi penelitian yang sesuai untuk guru yakni Classroom Action Research atau yang lebih dikenal dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Para guru sekolah dasar di MI dan SD Negeri Kutuk Undaan Kudus belum mengetahui sepenuhnya tentang PTK yang sesuai dengan teori dan penerapannya. Sementara pelaksanaan PTK sangat mendukung terciptanya proses pengajaran dan pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan program kemitraan masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan workshop penguasaan PTK bagi guru-guru di sekolah dasar di Desa Kutuk Undaan Kudus dan menerapkan materi pelatihan dalam menyusun proposal dan laporan PTK. Hasil pelaksanaan program kemitraan masyarakat ini adalah terdapat peningkatan pemahaman para guru tentang profesinya, terutama dalam hal pemahaman penulisan/ pembuatan/ pelaksanaan PTK. Para guru sekolah dasar di MI dan SD Negeri Kutuk Undaan Kudus sangat tertarik untuk meningkatkan profesinya. Pernyataan ini didukung oleh antusiasnya para guru dalam mengikuti dan mengajukan pertanyaan selama pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat. Berkaitan dengan hal tersebut, para guru mempunyai kehendak untuk melakukan penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran. Di samping itu, para guru sudah dapat memahami Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 tentang Pengembangan Keprofesian Berlanjut (PKB) sebagai bekal untuk meningkatkan diri.
Copyrights © 2019