Rumah sakit menyediakan layanan kesehatan dengan memberikan pemenuhan kebutuhan pasien baik dari pengobatan, fasilitas kesehatan, maupun permakanan atau gizi. Hal tersebut bertujuan menunjang kesembuhan pasien. Manajemen pemenuhan makanan pasien merupakan faktor penting untuk menjaga gizi pasien dengan baik. Penelitian ini meninjau dari sudut pandang logistik mengenai pengelolaan makanan harian pasien di RSUP Prof. I.G.N.G Ngoerah. Rumah sakit ini merupakan rumah sakit pusat tipe A yang melayani pasien rujukan Bali dan Nusa Tenggara. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Adapun acuan kegiatan logistik yang kami kaji di RSUP Prof. I.G.N.G Ngoerah yakni (1) Customer Service, (2) Inventori, (3) Pergudangan, (4) Pengadaan barang, dan (5) Transportasi. Berdasarkan hasil wawancara diperoleh bahwa kegiatan logistik makanan harian pasien telah dilakukan dengan baik dan sesuai dengan pedoman PGRS (Pelayanan Gizi Rumah Sakit) yang berlaku . Hal tersebut dibuktikan dengan hasil kepuasan pelayanan yang dilakukan oleh RSUP Prof. I.G.N.G Ngoerah mencapai angka 79 dari targetnya yakni nilai 80.
Copyrights © 2022