Jurnal Farmasetis
Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Farmasetis: Agustus 2022

Analisis Kepuasan Pasien Anggota Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) terhadap Pelayanan Kefarmasian

Maya Arfania (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Fitri Nurulliza Utami (Universitas Buana Perjuangan Karawang)
Dedy Frianto (Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2022

Abstract

Pelayanan kefarmasian di Puskesmas merupakan suatu kesatuan yang tidak dipisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Oleh karena itu,  penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui  tingkat gap/kesenjangan antara persepsi dan harapan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang. Penelitian ini menggunakan metode Service Quality (Servqual) dengan analitik observasional yang dilakukan secara prospektif serta desain penelitian secara cross sectional. Hasil penelitian menunjukkan analisis gap kepuasan pasien anggota Prolanis terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang dapat diketahui nilai gap analisis pada setiap dimensi, dengan nilai gap pada dimensi bukti fisik sebesar -0,07, nilai gap pada dimensi empati sebesar -0,09, serta dimensi keandalan sebesar -0,10, nilai gap pada dimensi daya tanggap sebesar 0,11, nilai analisis gap pada dimensi jaminan sebesar -0,11. Serta hasil uji wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi ˃ 0,05 yaitu sebesar 0,056 menunjukan terdapatnya gap/kesenjangan pada kepuasan pasien. Kesimpulannya terdapat perbedaan atau kesenjangan yang tidak signifikan antara harapan dan kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Karawang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

far

Publisher

Subject

Education Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Jurnal farmasetis merupakan bagian integral dari jurnal yang diterbitkan oleh LPPM STIKES Kendal. Jurnal farmasetis berfokus pada topik teknologi farmasi, manajemen, farmasi sosial, obat tradisional, dan farmakologi yang mencakup 17 pilar meliputi: Pengelolaan resep, Swamedikasi, Manajemen ...