Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data meliputi tahap observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu Bagaimana perilaku akademik siswa dalam diskusi pembelajaran PKn di SD. Hasil penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar di SD Negeri 33 Palembang beberapa klasifikasi perilaku siswa yang berdiskusi yaitu siswa pemalu, siswa yang bekerja sama dengan baik, siswa berpartisipasi, siswa berinisiatif, siswa yang percaya diri, siswa yang melakukan performasi serta siswa yang mengendalikan emosional dengan baik. Dalam hal ini juga memperhatikan penjelasan guru, membuat rangkuman materi, tepat waktu dalam mengerjakan tugas,berpartisipasi dalam diskusi, berani mengemukakan pendapat, menghargai pendapat siswa lain, menulis hasildiskusi, menyampaikan hasil diskusi dengan percaya diri, antusias mengambil bagian dalam belajar, konsentrasi selama proses pembelajaran, berani bertanya pertanyaan ketika mengalami kesulitan dalam mengerjakan. Perilaku akademik siswa kelas IV SD 33 Palembang termasuk dalam interpretasi sangat baik dengan indikator perilaku yang telah ditemukan berdasarkan pada data lapangan. Metode diskusi memiliki dampak akademik yang positif bagi siswa yang dapat dilihat dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Copyrights © 2021