Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 1 No. 2 (2021): Innovative: Journal Of Social Science Research

Pengembangan E-Modul Berbasis PAKEM Pada Pokok Bahasan KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD

Fitria Widy Hastuti (Universitas PGRI Palembang)
Nila Kesumawati (Universitas PGRI Palembang)
Nora Surmilasari (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan berbasis PAKEM pada materi KPK dan FPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari para validator yang terdiri dari 2 dosen 1 pendidik dinilai dari keseluruhan aspek yaitu konstruk, isi dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 87,91%. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik small group 87,5% dan e-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif atau memiliki efek potensial dengan perolehan persentase 75%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran. EModul berbasis PAKEM layak digunakan dalam pembelajaran matematika

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...