Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul pada materi KPK dan FPB Untuk Siswa Kelas IV SD yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD untuk mengetahui efek potensial dari penggunaan e-modul yang dikembangkan berbasis PAKEM pada materi KPK dan FPB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa emodul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan penilaian dari para validator yang terdiri dari 2 dosen 1 pendidik dinilai dari keseluruhan aspek yaitu konstruk, isi dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 87,91%. E-modul dinyatakan praktis berdasarkan angket respon peserta didik small group 87,5% dan e-modul yang dikembangkan dinyatakan efektif atau memiliki efek potensial dengan perolehan persentase 75%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran. EModul berbasis PAKEM layak digunakan dalam pembelajaran matematika
Copyrights © 2021