Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keputusan konsumen dalam pembelian Smartphone pada Mahasiswa Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang berjumlah 3803 mahasiswa. Adapun jumlah sampel ditentukan secara proporsional sebanyak 50 orang dengan teknik pengambilan purposive non probability sampling, yaitu mahasiswa dan mahasiswi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai yang menggunakan smartphone, serta terdaftar aktif dengan membayar SPP Dasar Tahun Akademik 2021/2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data dianalisis dengan analisis deskriptif kuantitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa; 1) Dimensi pilihan merek memiliki rata-rata tertinggi yaitu sebesar 4,19 artinya, mahasiswa mengutamakan pencarian merek yang paling sesuai meliputi ketertarikan pada merek, kebiasaan pada merek dan kesesuaian harga dengan merek menjadi hal yang paling diutamakan dalam proses keputusan pembelian. 2) Dimensi pilihan produk mendapatkan rata-rata terendah yaitu sebesar 3,59 artinya mahasiswa menganggap smartphone sudah menjadi kebutuhan biasa dan menjadi hal yang wajar setiap orang untuk memilikinya karena menjadi kebutuhan sarana berkomunikasi yang lebih luas dibandingkan penggunaan handphone GSM biasa meliputi kebutuhan, nilai, stimulus gaya hidup dan tingkat ketergantungan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021