Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 2 No. 1 (2022): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 81 Palembang

Rizki Liansyah (Universitas PGRI Palembang)
Eni Heldayani (Universitas PGRI Palembang)
Arief Kuswidyanarko (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor penghambat membaca permulaan pada siswa kelas I SD Negeri 81 Palembang serta solusi untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan. Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentas. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa, yaitu: 1). faktor internal merupkan aspek fisiologis dan psikologi. Aspek fisiologis adalah kesehatan fisik dari siswa. Sedangkan aspek psikologis yang dipengaruhi oleh intelegensi siswa, bakat dan fokus. (2) Faktor eksternal yaitu Berbagai faktor mempengaruhi kehidupan keluarga, sekolah, dan masyarakat kita. Sedangkan solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan dalam membaca permulaan yaitu : 1) Guru harus mengutamakan siswa yang mengalami kesulitan atau hambatan dalam membaca permulaan, 2). Guru harus melakukan kepedulian kepada siswa yang mengalami kesulitan membaca permulaan, 3). Guru dan orang tua harus menjalin hubungan kerjasama yang baik untuk siswa, 4). Wali murid juga sebaiknya mengawasi anak dirumah, 5). Siswa perlu terus-menerus meningkatkan dan melatih minatnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...