Aktivitas belajar siswa kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, semester genap tahun ajaran 2021/2022 terlihat seperti bosan, mengantuk, dan lain-lain karena sebagian besar kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media powtoon dalam materi membaca dongeng pada siswa kelas III SDN Cijeruk yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu desain eksperimen sederhana One Group PretestPosttest Design atau desain prates-pascates satu kelompok. Setelah pengambilan data selanjutnya peneliti melakukan beberapa uji dengan bantuan spss for windows release 20. 1) Uji reliabilitas diperoleh hasil perhitungan 0.911 maka dapat dikatakan reliabel dengan interpretasi tinggi 2) Uji normalitas data menggunakan rumus Klomogrov-smirnov yang memiliki taraf signifikansi > 0,05, Menghasilkan nilai signifikansi lebih besar dari 0.05 yakni pada dari kondisi pre test sebesar 0.118 > 0.05 dan kondisi post test sebesar 0.116 > 0.05 yang artinya data dari kedua kelas berdistribusi normal. 3) Uji homogenitas yang di mana berdasarkan hasil uji homogenitas bahwa signifikansi yang didapat 0.061 > 0.05 maka data bersifat homogen. Dan yang terakhir uji parsial (uji t). Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang telah diuraikan, maka hasil penelitian tentang penggunaan media belajar berbasis video animasi powtoon membaca dongeng kelas III SDN Cijeruk Kabupaten Serang, dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan media belajar berbasis video animasi powtoon terhadap membaca dongeng. Dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima.
Copyrights © 2022