Seiring berkembangnya ilmu pendidikan, maka sumber daya manusia harus lebih berkompeten. Kompetensi yang dimiliki oleh seseorang khususnya guru, perlu terus dikembangkan dan diperbarui agar memenuhi profesionalismenya. Pemerintah telah melaksanakan kebijakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan/ Continuing Professional Development (CPD) sebagai upaya dalam meningkatkan profesionalisme guru sesuai dengan peraturan yang berlaku. Unsur CPD meliputi pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif. Penyebab rendahnya keikutseraan guru dalam memenuhi CPD khusunya publikasi ilmiah yakni kurangnya kesadaran masing – masing individu, kesulitan dalam memahami penulisan artikel ilmiah, dan kurangnya sosialisasi maupun pelatihan dari pihak atas. Dalam mengatasi permasalahan tersebut dilakukan kegiatan pelatihan penulisan artikel ilmiah dalam rangka meningkatkan skill guru juga sebagai upaya program keprofesian berkelanjutan. Tahapan kegiatan yang dilakukan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi. Berdasarkan hasil survei diperoleh bahwa pemahaman peserta sebelum dan setelah pelatihan menunjukkan peningkatan. Pada kategori kurang, terdapat 56,50% peserta yang pengetahuannya kurang sebelum pelatihan lalu meningkat meningkat menjadi cukup atau baik setelah pelatihan sehingga tidak ada lagi peserta dengan pengetahuan yang kurang. Pada kategori cukup meningkat dari 40% sebelum pelatihan menjadi 53,30% setelah pelatihan. Pada kategori baik juga mengalami peningkatan dari 3,33% sebelum pelatihan menjadi 47% setelah pelatihan. Secara keseluruhan kepuasan peserta pelatihan terhadap kegiatan yang dilaksanakan menunjukkan prosentase sebesar 89,06%.
Copyrights © 2023