Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 3 No. 1 (2023): Nilai Toleransi Dalam Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan

Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Program Indonesia Pintar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa

Andjela Lenora Kelmaskouw (SD Inpres Luhamlatal, Taniwel Timur,Seram, Maluku)
Suidat Suidat (STKIP Arrahmaniyah)
Nor Khakim (STKIP Kusuma Negara)



Article Info

Publish Date
22 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang Program Indonesia Pintar (PIP) dan kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila dalam penyelenggaraan pemerintahan di kelas X SMK Di wilayah Kota Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian korelasional (Correlational Studies), dengan responden siswa SMK Kelas X di wilayah Kota Depok. Instrumen penelitian untuk variabel persepsi siswa tentang program Indonesia Pintar diukur menggunakan angket skala sikap, untuk variabel disiplin belajar diukur menggunakan angket skala perilaku dan untuk variabel hasil belajar diukur menggunakan tes pilihan ganda. Penelitian ini menyimpulkan; (1) Diketahui nilai sig. untuk pengaruh persepsi siswa tentang program Indonesia pintar terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima yang berarti terdapat pengaruh persepsi siswa terhadap hasil belajar. (2) Diketahui nilai sig. untuk pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar adalah sebesar 0,00 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapat pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar. (3) Diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X1 dan X2 secara simultan (bersama-sama) terhadap Y adalah sebesar 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H3 diterima yang berarti terdapat pengaruh persepsi siswa tentang Program Indonesia Pintar dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...