Kurva S : Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil
Vol 10, No 3 (2022)

Analisa Perbandingan Tebal Lapis Perkerasan Jalan Lentur Antara Metode Analisa Komponen SKBI 1987 dan Metode Manual Desain Jalan Lentur Bina Marga 2017

Siti Aminah (Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman)
Muhammad Jazir Alkas (Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman)
Ery Budiman (Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Jalan yang baik ditentukan dari bagaimana jalan tersebut dirancang. Dalam merancang perkerasan, terdapat pedoman yang perlu diikuti yang didasarkan dari kondisi lingkungan dimana perkerasan akan dibangun. Indonesia telah memiliki pedoman perancangan perkerasan sendiri yang didasarkan dari pedoman negara maju, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Australia. Diantaranya pedoman yang dikembangkan di Indonesia adalah Analisa Komponen SKBI 1987 dan Manual Desain Perkerasan jalan Bina Marga 2017. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan kedua manual tersebut dalam mendesain perkerasan lentur. Data yang digunakan pada penelitian ini berupa data sekunder. Data-data ini adalah lintas harian rata-rata, dan CBR tanah dasar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah Metode Analisa Komponen SKBI 1987 lebih efektif dalam merancang perkerasan lentur karena kriteria perencanaan dan tahapan perhitungan yang berbeda pada masing-masing metode tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

TEKNIKD

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Kurva S: Jurnal Keilmuan dan Aplikasi Teknik Sipil (p-ISSN 2339-2665) and (e-ISSN 2502-8448) published three time in a year, in April, August and December. The article can be product of researches, scientific thoughts or case study, in civil engineering and isn’t formed by politics, commercialism, ...