EMPATI
Vol 10, No 1 (2023): Empati

Hubungan Antara Kesadaran Diri, Efikasi Diri dan Kedisiplinan Belajar Di SMA N 1 Rawalo

Melinda, Via Melinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pada siswa di SMA N 1 Rawalo yaitu rata-rata siswa memiliki kedisiplinan belajar yang kurang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar pada siswa SMA N 1 Rawalo. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Populasi berjumlah 747 siswa sampel 238 siswa dengan teknik pengambilan sampel proportionate stratified random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif  dan uji regresi berganda. Hasil penelitian analisis deskriptif menujukkan tingkat kesadaran diri, efikasi diri, dan kedisiplinan belajar kategori tinggi namun ada beberapa indikator yang didalamnya dengan kategori sedang. Hasil analisis regresi ganda menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan (R= 0,816 ; F = 233, 415; P= 0,05) antara kesadaran diri, efikasi diri dan kedisiplinan belajar di SMA N 1 Rawalo. Berdasarkan penelitian ini, guru BK  dapat memberikan layanan BK untuk mempertahankan dan meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.Kata kunci:  kedisiplinan, kesadaran diri, efikasi diri

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EMPATI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

EMPATI - Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan jurnal ilmiah hasil penelitian di bidang Bimbingan dan Konseling, yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun, dibulan April dan Oktober, untuk memasukkan ...