Penggunaan media pembelajaran sangat berdampak pada respon siswa; Dengan adanya media pembelajaran, proses pembelajaran menjadi lebih efektif, aktif, dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang penggunaan media pembelajaran online dalam proses pembelajaran ekonomi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah fenomenologi. Subyek dalam penelitian ini adalah empat siswa kelas X jurusan IPS, satu orang guru ekonomi, dan wakil kepala madrasah bidang kurikulum. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa WhatsApp menjadi satu-satunya media pembelajaran online mata pelajaran ekonomi selama pandemi. Aplikasi WhatsApp mudah digunakan. Pembelajaran daring menggunakan grup WhatsApp belum optimal karena kurangnya interaksi antara guru dan siswa. Respon siswa selama pembelajaran di Grup WhatsApp sangat pasif. Mahasiswa mengalami banyak kendala, seperti kendala klasik yang terjadi adalah kuota internet atau paket data.
Copyrights © 2023