JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Sosialisasi Peningkatan Pemberdayaan UMKM melalui Literasi Digital E Commerce pada UMKM di Desa Sindangsari Kabupaten Karawang pada Masa Pandemi Covid-19

Sri Suartini (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Hari Sulistiyo (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nanu Hasanuh (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Harfa Sugiharti (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

UMKM memiliki peran yang signifikan dalam perekonomi Indonesia dimana UMKM sangat menguntungkan dalam hal distribusi pendapatan di antara penduduk dimana posisi ini menunjukkan perlunya pelatihan untuk mendukung keberlanjutan UMKM dan membantu mereka menyelesaikan berbagai masalah saat ini, mulai dari manajemen hingga kebutuhan modal, UMKM yang terancam dengan adanya pandemi Covid-19 saat ini kontinuitas khusus di Desa Sindangsari Pemberdayaan UMKM Melalui Literasi Digital E-Commerce. Masalah dengan mitra UMKM mungkin merupakan tanda bahwa mereka membutuhkan dukungan dan pelatihan dalam pemasaran digital dan online serta dalam mempromosikan produk mitra ke khalayak yang lebih luas. Melalui kegiatan ini, perwakilan UMKM di Desa Sindangsari akan belajar bagaimana memanfaatkan media sosial dan e-commerce untuk meningkatkan penjualan produk UMKM. Sumber Daya dan Manusia menjadi faktor yang mempengaruhi bagaimana digitalisasi pemasaran bagi UMKM. Keterbatasan modal menjadi salah satu hambatan yang menghambat adopsi dan kemajuan teknologi digital. Pemilik usaha mikro masih minim pengetahuan tentang digitalisasi. Outcome dari kegiatan tersebut adalah sosialisasi dan penyuluhan digital yang dapat diakses pelaku UMKM dengan memanfaatkan teknologi informasi yang ada.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...