JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Video Animasi Terhadap Kemampuan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman

Rila Oktavianti (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain quasy exsprimen. Populasi penelitian yaitu 28 orang anak, sedangkan sampel penelitian yaitu kelas B1 11 orang sebagai kelas eksperimen dan B2 11 orang sebagai kelas kontrol. Instrument penelitian ini berjumlah tujuh butir item dengan kategorisasi skor BB (1), MB (2), BSH (3) dan BSB (4). Teknik analisis data yang digunakan uji normalitas untuk menentukan data apakah berdistribusi normal dan dilanjutkan uji homogenitas apakah data bersifat homogen. Setelah diperoleh hasil data penelitian normal dan homogen maka selanjutnya dilakukan uji hipotesis. Uji hipotesis bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari treatment pada setiap kelas. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji paired sample test dan uji independen sample test. Terdapat perbedaan rata-rata kenaikan skor di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Peningkatan skor anak lebih tinggi dikelas eksperimen dengan kenaikan 52 skor, sedangkan di kelas kontrol kenaikan 30 skor. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh video animasi terhadap kemampuan menyimak anak di Taman Kanak-Kanak Mawar Kabupaten Padang Pariaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...