JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Deskriptif Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Pada Anak di Taman KanaK-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Kota Padangsidimpuan

Gustina Nasution (Pendidikan Guru PendidikanAnak Usia Dini, Fakultas IlmuPendidikan,Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendidikan Guru PendidikanAnak Usia Dini, Fakultas IlmuPendidikan,Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan pembentukan karakter tanggung jawab anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan . Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, subjek penelitian adalah anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara, dan pengambilan dokumentasi. Pelaksanaan pembentukan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan sudah terbentuk melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan guru kepada anak yang dilaksanakan melalui kegiatan sehari-hari anak. Hasil penelitian mendeskripsikan: 1) Perencanaan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak 2) Pelaksanaan Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak 3) Evaluasi Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Anak. Berdasarkan hasil dari penelitian pelaksanaan pembentukan karakter tanggung jawab pada anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Padangsidimpuan dapat dilihat anak sudah terbiasa bersikap bertanggung jawab, yaitu bertanggung jawab menaati peraturan sekolah, bertanggung jawab mengerjakan tugas yang diberikan guru, bertanggung jawab pada diri sendiri, bertanggung jawab menjaga kebersihan, bertanggung jawab mengembalikan barang yang dipakai, bertanggung jawab untuk membersihkan peralatan makan serta berani berkata jujur.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...