Teorema: Teori dan Riset Matematika
Vol 8, No 1 (2023): Maret

ANALISIS KEBUTUHAN LKPD INTERAKTIF PADA MATERI ALJABAR SMP SELAMA PEMBELAJARAN DARING

Shofa Raini Fadilah (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Kiki Nia Sania Effendi (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan media pembelajaran yang diharapkan dapat membantu selama proses pembelajaran daring pada materi aljabar. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas IX di salah satu SMP di kecamatan Purwasari, Kabupaten Karawang. Metode dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang mengacu pada model Miles dan Huberman. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan yang diberikan kepada peserta didik serta wawancara pada salah satu guru matematika di sekolah tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) aljabar merupakan materi yang sulit untuk dipahami oleh peserta didik; (2) perlu adanya media pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan; (3) peserta didik membutuhkan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika; (4) Live Worksheet bisa menjadi salah satu alternatif multimedia interaktif dalam kegiatan belajar matematika selama pembelajaran daring pada materi aljabar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu dibutuhkan multimedia interaktif berbasis Live Worksheets yang diharapkan dapat membantu guru dan peserta didik selama proses pembelajaran daring pada materi aljabar kelas IX SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

teorema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika merupakan sarana publikasi ilmiah yang terbit setiap bulan Maret dan September, dikelola oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) Ciamis dengan P-ISSN 2541-0660 dan E-ISSN ...