Journal of Education Action Research
Vol 7 No 1 (2023): February 2023

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture sebagai Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu

I Ketut Sudana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar agama Hindu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari semester I tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 28 orang siswa. Objek penelitian ini adalah hasil belajar agama Hindu. Dalam penelitian ini data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar mata agama Hindu dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I dengan jumlah 2020, rata-rata 72, daya serap 72%, ketuntasan belajar 39% dan siklus IIĀ  dengan jumlah 2250, rata-rata 80, daya serap 80%, ketuntasan belajar 86%. Terjadi peningkatan hasil belajar antara siklus I dan siklus II, menunjukan kenaikan rata-rata daya serap 8% dan pada ketuntasan belajar mengalami kenaikan sebesar 47%. Kesimpulan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture pada siswa kelas V SD Negeri 1 Mekarsari semester I tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar agama Hindu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...