Distribusi
Vol. 11 No. 1 (2023): Distribusi, March 2023

KEPUASAN KERJA GURU: ANTECEDENTS AND CONSEQUENCES

Edi Wiranto (Universitas Wijaya Putra, Surabaya)
Nugroho Mardi Wibowo (Universitas Wijaya Putra)
Bambang Winarto (Universitas Wisnuwardhana Malang, Malang)
Yuyun Widiastuti (Universitas Wijaya Putra, Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan kreativitas terhadap komitmen organisasi secara langsung dan tidak langsung melalui kepuasan kerja guru. Penelitian dilakukan pada Guru SMKN 1 Kota Probolinggo dengan sampel sebanyak 82 orang guru. Metode analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS. Sampel yang digunakan sebanyak 82 orang guru atau keseluruhan populasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai teknik pengumpulan data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak berdampak terhadap peningkatan komitmen organisasi. Sedangkan pengaruh kreativitas kerja terhadap kepuasan kerja guru adalah positif dan signifikan dengan path coefficients 0,406 dan p-value 0,015. Pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan adalah positif dan signifikan dengan path coefficients 0,361 dan p-value 0,042. Pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi adalah positif dan signifikan dengan path coefficients 0,357 dan p-value 0,007 . Pengaruh kreativitas kerja terhadap komitmen organisasi adalah positif dan signifikan dengan path coefficients 0,484 dan p-value 0,001. Adapun pengaruh tidak langsung dari lingkungan kerja dan kreativitas terhadap komitmen organisasi melalui kepuasan kerja terbukti tidak signifikan. SMKN 1 Kota Probolinggo perlu meningkatkan kepuasan kerja guru melalui pengembangan lingkungan kerja dan pengelolaan kreativitas guru yang diharapkan dapat meningkatkan komitmen organisasi guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

distribusi

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Other

Description

PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jakarta Raya terus melakukan peningkatan pelayanan kepada pelanggan dengan melakukan pemasangan baru sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Kecepatan pemasangan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi pelayanan dan persepsi pelanggan terhadap perusahaan. PT ...