Jurnal IPA Terpadu
Vol 7, No 1 (2023)

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VIII SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Desinta Dwi Nuriyanti (MTs Negeri 2 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia)
Abdul Haris (Program Studi Fisika, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Asmawati Asmawati (UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)
Muhiddin Palennari (Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA dengan Model Problem Based Learning pada materi Sistem Ekskresi. Jenis penelittian yang diterapkan adalah penelitian tindakan kelas dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 8B SMP Negeri 1 Kutasari sebanyak 15 orang. Video digunakan sebagai gambaran masalah yang akan dipecahkan dengan model Probem Based Learning (PBL). Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan hasil belajar siswa dengan butir soal pilihan ganda berbasis google form. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan analisis statistis deskriptif kualitatif dan diperoleh skor rata-rata hasil belajar pada pertemuan I sebesar 42,67. Pada pertemuan I digunakan media plastisin untuk merekonstuksi model nefron. Pada pertemuan 2 diperoleh skor rata-rata sebesar 67,31 dalam hal ini terjadi peningkatan nilai hasil belajar pada pertemuan II jika dibandingkan dengan pertemuan I. Kenaikan juga terjadi pada pertemuan III. Hasil belajar pertemuan III adalah sebesar 91,67. Ketuntasan klasikal dengan Kriteria Ketuntasan Minimal 70 pada pertemuan I adalah sebesar 20%, pertemuan II sebesar 46,67%, dan pertemuan III sebesar 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023