Juring (Journal for Research in Mathematics Learning)
Vol 6, No 1 (2023)

Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning dengan Berbantuan Software Geogebra pada Materi Persamaan Garis Lurus Kelas VIII SMP

Zetriuslita Zetriuslita ((Scopus ID: 57211265732) Universitas Islam Riau)
Desy Lestari (Universitas Islam Riau)
Agus Dahlia (Universitas Islam Riau)
Endang Istikomah (Universitas Islam Riau)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan dari perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP. Jenis penelitian pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, angket respon peserta didik dan angket respon guru serta soal tes. teknik pengumpulan data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis kuantitatif untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa persentase validitas pada silabus yaitu  91,66% dengan kriteria “sangat valid”. Persentase validitas RPP yaitu 93,65% dengan kriteria “sangat valid“. Dan persentase validitas LKPD yaitu 87,78% dengan kriteria “sangat valid“. adapun persentase kepraktisan angket respon peserta didik pada LKPD yaitu 91,3% dengan kriteria “sangat praktis”, dan persentase kepraktisan angket respon guru pada RPP diperoleh 96,42% dengan kriteria “sangat praktis”. Dan adapun persentase efektifitas dari hasil soal pretest dan posttest yaitu 79,5% dengan kriteria “efektif”. Dengan demikian perangkat pembelajaran matematika dengan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan software Geogebra pada materi persamaan garis lurus kelas VIII SMP telah teruji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Sehingga perangkat pembelajaran layak untuk digunakan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

juring

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Juring: Journal for Research in Mathematics Learning (pISSN 2621-7430 | eISSN 2621-7422) is a peer-reviewed publication with free access. The journal aims to publish original manuscripts on research and review from mathematics learning area. The main objective of the journal is to promote the ...